Sabtu, 15 Juni 2013

perawatan luka kronik

 
Perawatan luka merupakan hal umum yang kerap dilakukan oleh dokter kepada pasien. Namun hal ini dikemas menjadi sesuatu yang unik dengan penyelenggaraan perawatan luka kronik terbanyak secara serentak di Balai Pelatihan Kesehatan Manado pada Rabu (5/6) untuk memecahkan Rekor MURI dengan kategori “Perawatan Luka Terbanyak”. Acara ini diselenggarakan bertepatan dengan rangkaian acara internasional yakni; Asia Pacific Wound Care Congress (APWCC) 2013 di Manado.
Pemecahan Rekor MURI ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dengan memberikan kesempatan kepada seluruh pasien untuk mendapatkan perawatan luka secara gratis dengan berbagai kasus luka basah yang dialami setiap pasien. Perawatan luka saat ini seiring dengan perkembangan teknologi, mengarah kepada perawatan yang lebih komprehensif ke arah yang lebih modern.
Manajemen luka di Indonesia pada umumnya masih mengikuti metode konvensional, dimana pengobatan konvensional menggunakan 0,9 persen NaCl, antiseptik, antibiotik dan perban sederhana. APWCC mencatat, pada tahun 2012 setidaknya ada 25 rumah sakit di seluruh Indonesia, terutama di Jawa, yang telah menerapkan perawatan luka modern. Jumlah ini sangat kecil, hanya mewakili 2,47 persen dari total rumah sakit di Indonesia (1.012 rumah sakit).
APWCC adalah acara kongres perawatan luka (wound care) yang terdiri dari dokter dan perawat se-Asia Pasifik yang membahas mengenai manajemen perawatan luka dengan teknik yang berbeda untuk setiap kasus luka. APWCC merupakan salah satu bentuk aktivitas para tim medis yang bertujuan untuk menginformasikan metode perawatan luka ke seluruh wilayah Asia Pasifik sehingga metode modern ini menjadi standar.
Salah satu sponsor dalam acara ini, anak perusahaan SOHO Group, yakni SOHO Global Medika sebagai pemasar produk penanganan luka modern dengan merk Wundres – bekerjasama dengan Dr. Poengky Dwi Poerwantoro, SpBP – Yasa Promedika Lentera (YPL), sangat antusias dalam mengikuti acara ini.
“Ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mewujudkan salah satu bentuk kepedulian masyarakat dengan memberikan wound dressing yang memiliki kualitas tinggi dan modern. Bentuk dukungan ini untuk memasyakatkan penanganan luka yang efektif dan efisien dari segi medis,” ujar Sylvia Yong, Product Management SOHO Global Medika.
SOHO Group adalah salah satu perusahaan farmasi ternama di Indonesia yang telah berdiri lebih dari 50 tahun. Kini berekspansi untuk masuk ke bisnis alat kesehatan melalui SOHO Global Medika. Beberapa produknya yang telah dipasarkan saat ini yaitu Veinoplus, Ortocast dan Ortosplint.
“Dalam acara ini, SOHO Group menyediakan lebih dari 100 box Wundres(modern dressing) untuk digunakan sebagai foam dressing perawatan luka pada acara tersebut,” kata Sylvia.(AMN/RIF)