Senin, 07 Oktober 2013

7 Penyebab Sakit Kepala Tiba-Tiba

7 Penyebab Sakit Kepala Tiba-Tiba | cara mengatasi sakit kepala | penyebab sering sakit kepala | sakit kepala belakang | obat sakit kepala | mengatasi sakit kepala | penyebab sakit kepala sebelah | pengobatan tips sakit kepala | penyebab sakit kepala berkepanjangan - Sakit kepala yang tiba-tiba datang memang sangat menyebalkan. Selain menyiksa, juga bisa membuat banyak aktivitas terbengkalai. Apakah Anda termasuk salah satu yang sering mengalami sakit kepala?

Penyakit yang sering dianggap remeh ini sebenarnya bukan hanya datang dari faktor kondisi tubuh yang melemah, namun juga dari beberapa hal berikut ini.

1. Ikatan Rambut

Pusing bisa disebabkan oleh ikatan rambut yang terlalu kencang atau tatanan rambut yang membebani kepala Anda. Selain itu, apapun yang mengikat kencang di kepala seperti topi, bando, jepit kecil dan sebagainya bisa membuat kepala lebih tegang dan menyebabkan pusing.

2. Makanan Dingin

Ada sebuah istilah ice cream headache yang merupakan sakit kepala tiba-tiba. Umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin sehingga membuat peredaran darah membengkak.

Pusing seperti ini pada umumnya akan hilang dalam beberapa menit. Untuk mencegah terjadinya sakit kepala ini, sebaiknya konsumsi makanan dingin lebih perlahan.

3. Kecanduan Kafein

Salah satu penyebab sakit kepala lainnya adalah kecanduan kafein. Hal ini bisa jadi karena Anda terbiasa mengonsumsi kopi, sehingga ketika Anda menghentikannya secara mendadak, maka Anda akan mengalami sakit kepala. Bila Anda ingin berhenti minum kopi, kurangi dosis kopi Anda secara bertahap.

4. Dehidrasi

Seperti dikutip dari Vemale.com, sakit kepala saat dehidrasi akan muncul sebelum Anda menyadari bahwa Anda haus. Cara mengatasinya tentu dengan mengonsumsi banyak air secara teratur. Makan buah dan sayur juga bisa membantu Anda menyimpan lebih banyak air. Lakukan kebiasaan ini saat cuaca panas, sakit dan olah raga.

5. Travelling

Bepergian ke tempat wisata juga bisa membuat Anda mengalami sakit kepala. Terutama Anda yang melakukan perjalanan dengan jarak cukup jauh dan menghabiskan lebih banyak waktu di perjalanan. Yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal ini adalah istirahat yang cukup sebelum bepergian karena Anda membutuhkan tubuh yang fit, serta sering minum air putih agar tetap terhidrasi.

6. Bau

Bau yang begitu kuat di udara bisa membuat Anda mengalami pusing, apalagi bila hidung Anda tergolong sensitif. Beberapa bau-bauan yang bisa membuat pusing adalah parfum, cat, beberapa jenis bunga, asap rokok dan produk pembersih.

7. Malas-malasan

Meski orang yang memiliki kegiatan padat akan rentan terkena sakit kepala. Namun, menurut penelitian, mereka yang tak malas-malsan dan tak rajin berolahraga akan lebih rentan terkena sakit kepala daripada mereka yang jarang olahraga.
Hari ini mengalami pengalaman yang sedikit menimbulkan pertanyaan. Berawal dari terkejut karena mendengar suara benda yang terjatuh, sehingga terbangun dari tidur dengan tergesa-gesa untuk mencari sumber suara tersebut. Suara tersebut ternyata bersumber dari kecelakan dijalan depan rumah. Saksi mengatakan yang kecelaka tersebut datang dari pasar dan kecelakaan di sebabkan menghindari anjing yang menyeberang. Pada saat kembali kerumah setelah melihat kecelakaan tersebut tiba-tiba kepala ini pusing dan dunia ini terasa berputar-putar, langsung saja Saya duduk dan rebahan sebentar kemudian meminum segelas air putih untuk memulihkan kondisi.



PENYEBAB KEPALA PUSING SECARA TIBA TIBA
Nah pertanyaannya kenapa kepala ini pusing, itu karena terbangun dari tidur dengan tiba-tiba. Waktu terjaga dan beraktivitas, otot manusia mengalami ketegangan. Tetapi waktu tidur, otot-otot itu mengendur dan beristirahat. Hal yang sama juga berlaku pada otot leher. Waktu kita terjaga, otot leher tegang karena harus menahan kepala yang berat, tetapi pada waktu kita tidur otot leher tidak menggunakan tenaganya untuk menopang kepala, sekaligus sambil mengendurkan otot yang tegang. Nah apabila kita tertidur lelap dan tiba-tiba terbangun, kita akan merasa sangat pusing dan sampai tidak tahu arah. Ini karena kita belum terbangun sepenuhnya. Keadaan belum terbangun sepenuhnya ini adalah ketika tubuh kita telah bangun, tetapi otak kita belum. Saat itu otak kita belum siap menerima dengan benar perintah dari seluruh organ di tubuh kita. Terkadang kita sampai melakukan hal-hal konyol seperti menabrak dinding ketika berjalan. Namun sering kali, pusing bisa dipicu oleh gangguan yang lebih serius seperti sebagai berikut.

1. Vertigo

Vertigo adalah gejala pusing yang terjadi karena koordinasi saraf dan otak melemah. Penyebabnya bisa bermacam-macam, salah satunya infeksi telinga bagian dalam. Dibandingkan jenis pusing yang lain, pusing karena vertigo biasanya paling parah.

2. Tekanan darah rendah

Pusing juga bisa terjadi akibat tekanan darah yang turun secara mendadak, misalnya saat bergerak sangat cepat atau terbangun dari tidur secara tiba-tiba. Bisa juga karena gangguan jantung, misalnya aritmia atau kondisi denyut jantung yang tidak teratur.

3. Efek samping obat

Beberapa jenis obat memiliki efek samping yang tidak diinginkan berupa rasa pusing. Diuretik atau peluruh kencing, analgesik atau pereda nyeri, transquilizer atau penenang dan anticonvulsant atau antikejang termasuk obat yang memiliki efek samping pusing-pusing terutama di pagi hari.

4. Gelisah

Serangan panik atau gangguan kegelisahan yang lain bisa menyebabkan rasa pusing di pagi hari. Gangguan semacam ini membuat napas jadi lebih cepat, sehingga keseimbangan kadar oksigen dan karbondioksida terganggu lalu pembuluh arteri menyempit dan terjadilah pusing.

5. Gerakan cepat atau mendadak

Perubahan posisi yang terjadi sangat mendadak, misalnya saat olahraga juga bisa menyebabkan kepala pusing. Kadang disebut juga motion sickness karena pemicunya adalah gerakan atau motion dan sering juga dialami saat sedang naik roller coaster.

2 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus